RPP KURIKULUM 2012 REVISI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Sekolah : SMA Negeri 2 Boyolali
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/ Gasal
Materi pokok : Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi waktu : 4 X 45 menit (2 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2 Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
|
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
|
4.1.1 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan hasil ringkasanteks laporan hasil observasiberdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
|
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran discovery learning peserta didik dapat Menentukan isi pokok laporan hasil observasi dan menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi, menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dan terampil mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pertemuan 1
1. Teks laporan hasil observasi
2. Isi teks laporan hasil observasi
3. Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a. Kata serta frasa verba dan nomina
b. Afiksasi
c. Kalimat definisi dan deskriptif
d. Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
E. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Pedagogi genre, Pendekatan Saintifik, CLIL
Model : discovery learning (pertemuan 1)
: penugasan (pertemuan 2)
Metode : penugasan, diskusi, tanya jawab
F. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/Alat :
a. LCD, Laptop
b. Lembar kerja
2. Bahan : Teks laporan observasi
G. Bahan dan Sumber Belajar
1. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
|
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit )
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
|
1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik dengan memberikan dua gambar yang berbeda, yaitu gambar lingkungan terawat dan lingkungan tidak terawat. Peserta didik merespon pertanyaan pendidik: “Apa yang kalian amati dari gambar tersebut?”, “Hal-hal menarik apa saja yang kalian amati dari dua gamabr tersebut?”serta “Apa yang harus kamu lakukan ketika menghadapi permasalahan yang terdapat dalam gambar tersebut?”
3. Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi.
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
10 menit
|
2. INTI
|
Discovery
1. Stimulasi ( pemberian rangsangan)
a. Peserta didik membaca teks Laporan Hasil Observasi dengan judul Wayang pada halaman 9 (buku siswa).
b. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan empat orang.
2. Identifikasi Masalah
Peserta didik menyimak penjelasan pendidik untuk berdiskusi mengidentifikasi masalah yang akan dibahas dalam teks Laporan Hasil Observasi, yaitu
1. Isi pokok teks laporan hasil observasi
2. Ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
3. Pengumpulan data
Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menentukan isi pokok teks laporan hasil observasi serta menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
4. Pengolahan data
a. Peserta didik mendiskusikan isi pokok yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi
b. Peserta didik mendiskusikan ciri kebahasaan yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi
5. Pemeriksaan data
a. Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain tentang isi pokok teks laporan hasil observasi
b. Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain tentang ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
6. Penarikan kesimpulan
Di bawah bimbingan pendidik, peserta didik menyimpulkan:
a. Isi teks laporan hasil observasi
b. Ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
|
Literasi
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kerja sama
Berpikir kritis
Kerja sama
Berpikir kritis
Komunikatif
(Communicative)
Kreativitas (Creativity)
|
70 menit
|
3. Penutup
|
Kegiatan pendidik bersama peserta didik yaitu :
a. Memberi penghargaan kepada satu kelompok yang berhasil menjadi kelompok yang mempunyai jawaban yang paling benar dan mampu bekerja sama secara tim.
b. Pendidik melaksanakan penilaian
c. Pendidik memberikan tugas
d. Menjelaskan rencana pembelajaran berikutnya.
|
HOTS
|
10 menit
|
Pertemua ke-2
(2 x 45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi waktu
|
1. Pendahuluan
|
1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik tentang materi pembelajaran sebelumnya, “ apa yang kalian tentang teks laporan hasil observasi?”Bagaimana ciri kebahasaan teks Laporan hasil observasi.
3. Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi hari ini.
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
10 menit
|
2. Inti
|
1. Pendidik dengan rasa ingin tahu membaca teks yang berjudul “D’ Topeng Museum Angkut” pada halaman 16 di buku Siswa.
2. Peserta didik dikelompokkan menjadi bebebrapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat orang. Setiap siswa menyusun ringkasan teks “D’ Topeng Museum Angkut” secara mandiri.
3. Secara bergantian setiap siswa mempresentasikan ringkasan yang dibuatnya dalam kelompmpok masing-masing.
4. Siswa lain menilai temannyadengan mengisi rubrik penilaian yang dibagikan guru
5. Setiap kelompok memilih ringkasan yang terbaik
6. Siswa yang ringkasannya menjadi ringkasan terbaik di kelompoknya harus mempresentasikan ringkasan di depan kelas.
|
Literasi
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif
(Communicative)
|
70 menit
|
Penutup
|
Kegiatan peserta didik bersama pendidik, yaitu:
a. Membuat kesimpulan bersama-sama tentang cara membuat ringkasan yang benar
b. Pendidik melaksanakan penilaian
c. Pendidik memberikan tugas untuk memperkuat hasil belajar
d. Mengingatkan tentang pembelajaran di hari berikutnya.
|
Kreativitas
HOTS
|
10 menit
|
G. Penilaian
1. Kompetensi keagamaan dan sosial
a. Teknik penilaian : observasi/ pengamatan
b. Bentuk : catatan hasil observasi
c. Instrumen : jurnal (terlampir)
2. Kompetensi Pengetahuan:
a. Teknik penilaian : tes tulis dan tes penugasan
b. Bentuk Penilaian : tugas individu dan tugas kelompok.
c. Instrumen penilaian: lembar kerja. (terlampir)
3. Kompetensi keterampilan :
a. Teknik penilaian : tes penugasan
b. Bentuk : tugas tertulis.
c. Instrumen penilaian : lembar kerja
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Lampiran
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : X/ 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia– Wajib
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
POS/
NEG
|
TINDAK LANJUT
|
1
| ||||||
2
| ||||||
3
| ||||||
4
| ||||||
5
| ||||||
6
| ||||||
7
| ||||||
8
| ||||||
9
| ||||||
10
| ||||||
11
|
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
Indikator : 3.1.1 Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2 Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
Materi : 1. Isi teks laporan hasil observasi
2. Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a. Kata serta frasa verba dan nomina
b. Afiksasi
c. Kalimat definisi dan deskriptif
d. Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
Petunjuk : Bacalah teks berikut, secara berkelompok jawablah pertanyaan yang terdapat di bawahnya!
1. Jawablah pertanyaan sebagai berikut!
a. Apakah wayang itu?
b. Apa fungsi dari pertunjukkan wayang?
c. Ada berapa jenis wayang berdasarkan pembuatannya?
d. Apa yang dimaksud dengan wayang suket?
2. Mengapa teks tersebut digolongkan teks laporan hasil observasi?
3. Analisilah kebahasaan teks laporan hasil observasi di atas dengan menggunakan bagan berikut!
No
|
Hal
|
Pengertian
|
Contoh
|
1
|
Nomina
|
Kata :
Frasa:
| |
2
|
Verba
|
Kata:
Frasa:
| |
3
|
Kalimat definisi dan kalimat deskripsi
| ||
4
|
Kalimat simpleks
| ||
5
|
Kalimat kompleks
|
4. Lalu presentasikan di depan kelas!
Rubrik Penilaian Penugasan kelompok:
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Nama kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Penugasan :...............................................................
Pedoman penyekoran:
No soal
|
Deskripsi
|
Skor
|
Skor maksimal
|
1a
|
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat
|
5
| ||
1b
|
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat
|
5
| ||
1c
|
Menjawab dengan benar disertai 3 contoh.
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai 2 contoh
|
5
| ||
Menjawab dengan benar disertai 1 contoh
|
3
| ||
1d
|
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat .
|
5
| ||
2
|
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab kurang benar disertai alasan yang kurang tepat
|
5
| ||
3.1
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
3.2
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
3.3
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
3.4
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
3.5
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
Total
|
100
|
Kunci
1.a. wayang adalah suatu jenis pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia
1.b.fungsi pertunjukkan wayang adalah sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan.
1. c. Berdasarkan pembutannya, wayang dibedakan menjadi tiga jenis, yakni wayang kulit, wayang wong, dan wayang golek.
1.d. wayang suket adalah wayang yang merupakan tirua dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput(bahasa jawa : suket)
2. teks tersebut dikategorikan dalam teks laporan hasil observasi karena ditulis berdasarkan hasil pengamatan/observasi pada kenyataan dan objek yang dilaporkan yaitu wayang dituliskan secara detail
3.
No
|
Hal
|
Pengertian
|
Contoh
|
1
|
Nomina
|
Nomina adalah kata benda
Kata adalah satuan bahasa terkecil yang bersifat bebas
Frasa adalah unsur yang lebih luas, yaitu kelompok nonprediktif
|
Kata : wayang
Frasa: wayang orang
|
2
|
Verba
|
Verba adalah kata kerja
|
Kata: adalah
Frasa: sudah membagi
|
3
|
Kalimat definisi
|
Kalimat yang menggunakan verba definitif
|
Wayang adalah seni pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai budaya asli Indonesia
|
Kalimat simpleks
|
Kalimat yang menggunakan verba deskriptif
|
Wayang ini terbua dari kulit kerbau yang ditatah dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit
| |
4
|
Kalimat kompleks
|
Kalimat yang memiliki dua atau lebih kompleks
|
Dalam budaya modern, wayang berfungsi menghibur dan mendidik
|
5
|
Kalimat simpleks
|
Kalimat yang hanya memiliki satu klausa
|
Kelelawar merupakan hewan unik
|
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Kompetensi Dasar : 4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
Indikator pencapaian kompetensi :
4.1.1 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi
1. Bacalah teks laporan hasil observasi yang berjudul Wayang lalu buatlah ringkasannya!
2. Presentasikan hasil ringkasan kalian di depan kelas!
RUBRIK PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Kompetensi dasar :
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
Indikator pencapaian kompetensi :
4.1.1 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi
Rubrik penilaian presentasi ringkasan
No
|
Nama
|
Aspek penilaian
|
Total nilai
| ||
kelancaran
|
Kelengkapan informasi
|
Kebenaran isi
| |||
1
| |||||
2
| |||||
3
| |||||
4
|
Aspek penilaian
|
kriteria
|
Rentang skor
|
Skor maksimal
|
Kelancaran
|
Sangat lancar menyamapiakn isi teks
|
85-100
|
100
|
Cukup lancar menyampaikan isi teks
|
70-84
| ||
Kurang lancar menyampaikan isi teks
|
55-69
| ||
Tidak lancar menyampaikan isi teks
|
54-40
| ||
Kelangkapan informasi
|
Isi teks yang disampaikan sangat lengkap
|
85-100
|
100
|
Isi teks yang disampaikan sedikit kurang lengkap
|
70-84
| ||
Hanya separuh isi teks yang disampaikan
|
55-69
| ||
Isi teks yang disampaikan hanya sedikit
|
54-40
| ||
Kebenaran isi
|
Isi teks yang disampaikan benar semua
|
85-100
|
100
|
Isi teks yang disampaikan sebagaian besar benar
|
70-84
| ||
Isi teks yang disampaikan separuh yang benar
|
55-69
| ||
Isi teks yang disampaikan sebagian besar salah
|
54-40
| ||
Total
|
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : 1 (satu)
Kurikulum : 2013
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kelas/
Semester
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
3.1
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
|
Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
|
X/1
|
Disajikan tekslaporan hasil observasi, peserta didik dapatmenentukan isi pokok laporan hasil observasi
|
C4 (menganalisis)
|
Uraian
|
1
|
Menentukan ciri kebahasaan teks laporan hasill observasi
|
X/1
|
Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapatmenentukan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
|
C4 (menganalisis)
|
uraian
|
2
|
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Nomor
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kelas/
Semester
|
Indikator Soal
|
LevelKeterampilan
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulisan
|
Isi pokok laporan hasil observasi
|
X/1
|
Disajikan teks laporan hasil observasi , peserta didik mampu menentukan gagasan utama tiap paragraf
|
P3; Presisi
Menunjukkan
|
Uraian
|
3
|
Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik mampu menyusun gagasan pokok yang sudah ditemukan menjadi sebuah ringkasan
|
P5: naturalisasi
Mendesain
|
uraian
|
4
|
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar : 3.1
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
Materi : teks laporan hasil observasi
Indikator soal no:
1. Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menentukan isi pokok laporan hasil observasi
2. Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menentukan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
3. Disajikan teks laporan hasil observasi , peserta didik mampu menentukan gagasan utama tiap paragraph
4. Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik mampu menyusun gagasan pokok yang sudah ditemukan menjadi sebuah ringkasan
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 1996505041989031014 NIP 197207081998011001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Sekolah : SMA Negeri 2 Boyolali
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/ Gasal
Materi pokok : Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi waktu : 4 X 45 menit (2 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2 Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
|
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
|
4.1.1 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan hasil ringkasanteks laporan hasil observasiberdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
|
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran discovery learning peserta didik dapat Menentukan isi pokok laporan hasil observasi dan menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi, menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dan terampil mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pertemuan 1
1. Teks laporan hasil observasi
2. Isi teks laporan hasil observasi
3. Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a. Kata serta frasa verba dan nomina
b. Afiksasi
c. Kalimat definisi dan deskriptif
d. Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
E. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Pedagogi genre, Pendekatan Saintifik, CLIL
Model : discovery learning (pertemuan 1)
: penugasan (pertemuan 2)
Metode : penugasan, diskusi, tanya jawab
F. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/Alat :
a. LCD, Laptop
b. Lembar kerja
2. Bahan : Teks laporan observasi
G. Bahan dan Sumber Belajar
1. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
|
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit )
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
|
1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik dengan memberikan dua gambar yang berbeda, yaitu gambar lingkungan terawat dan lingkungan tidak terawat. Peserta didik merespon pertanyaan pendidik: “Apa yang kalian amati dari gambar tersebut?”, “Hal-hal menarik apa saja yang kalian amati dari dua gamabr tersebut?”serta “Apa yang harus kamu lakukan ketika menghadapi permasalahan yang terdapat dalam gambar tersebut?”
3. Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi.
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
10 menit
|
2. INTI
|
Discovery
1. Stimulasi ( pemberian rangsangan)
a. Peserta didik membaca teks Laporan Hasil Observasi dengan judul Wayang pada halaman 9 (buku siswa).
b. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan empat orang.
2. Identifikasi Masalah
Peserta didik menyimak penjelasan pendidik untuk berdiskusi mengidentifikasi masalah yang akan dibahas dalam teks Laporan Hasil Observasi, yaitu
1. Isi pokok teks laporan hasil observasi
2. Ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
3. Pengumpulan data
Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menentukan isi pokok teks laporan hasil observasi serta menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
4. Pengolahan data
a. Peserta didik mendiskusikan isi pokok yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi
b. Peserta didik mendiskusikan ciri kebahasaan yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi
5. Pemeriksaan data
a. Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain tentang isi pokok teks laporan hasil observasi
b. Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain tentang ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
6. Penarikan kesimpulan
Di bawah bimbingan pendidik, peserta didik menyimpulkan:
a. Isi teks laporan hasil observasi
b. Ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
|
Literasi
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kerja sama
Berpikir kritis
Kerja sama
Berpikir kritis
Komunikatif
(Communicative)
Kreativitas (Creativity)
|
70 menit
|
3. Penutup
|
Kegiatan pendidik bersama peserta didik yaitu :
a. Memberi penghargaan kepada satu kelompok yang berhasil menjadi kelompok yang mempunyai jawaban yang paling benar dan mampu bekerja sama secara tim.
b. Pendidik melaksanakan penilaian
c. Pendidik memberikan tugas
d. Menjelaskan rencana pembelajaran berikutnya.
|
HOTS
|
10 menit
|
Pertemua ke-2
(2 x 45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi waktu
|
1. Pendahuluan
|
1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik tentang materi pembelajaran sebelumnya, “ apa yang kalian tentang teks laporan hasil observasi?”Bagaimana ciri kebahasaan teks Laporan hasil observasi.
3. Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi hari ini.
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
10 menit
|
2. Inti
|
1. Pendidik dengan rasa ingin tahu membaca teks yang berjudul “D’ Topeng Museum Angkut” pada halaman 16 di buku Siswa.
2. Peserta didik dikelompokkan menjadi bebebrapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat orang. Setiap siswa menyusun ringkasan teks “D’ Topeng Museum Angkut” secara mandiri.
3. Secara bergantian setiap siswa mempresentasikan ringkasan yang dibuatnya dalam kelompmpok masing-masing.
4. Siswa lain menilai temannyadengan mengisi rubrik penilaian yang dibagikan guru
5. Setiap kelompok memilih ringkasan yang terbaik
6. Siswa yang ringkasannya menjadi ringkasan terbaik di kelompoknya harus mempresentasikan ringkasan di depan kelas.
|
Literasi
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif
(Communicative)
|
70 menit
|
Penutup
|
Kegiatan peserta didik bersama pendidik, yaitu:
a. Membuat kesimpulan bersama-sama tentang cara membuat ringkasan yang benar
b. Pendidik melaksanakan penilaian
c. Pendidik memberikan tugas untuk memperkuat hasil belajar
d. Mengingatkan tentang pembelajaran di hari berikutnya.
|
Kreativitas
HOTS
|
10 menit
|
G. Penilaian
1. Kompetensi keagamaan dan sosial
a. Teknik penilaian : observasi/ pengamatan
b. Bentuk : catatan hasil observasi
c. Instrumen : jurnal (terlampir)
2. Kompetensi Pengetahuan:
a. Teknik penilaian : tes tulis dan tes penugasan
b. Bentuk Penilaian : tugas individu dan tugas kelompok.
c. Instrumen penilaian: lembar kerja. (terlampir)
3. Kompetensi keterampilan :
a. Teknik penilaian : tes penugasan
b. Bentuk : tugas tertulis.
c. Instrumen penilaian : lembar kerja
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Lampiran
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : X/ 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia– Wajib
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
POS/
NEG
|
TINDAK LANJUT
|
1
| ||||||
2
| ||||||
3
| ||||||
4
| ||||||
5
| ||||||
6
| ||||||
7
| ||||||
8
| ||||||
9
| ||||||
10
| ||||||
11
|
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
Indikator : 3.1.1 Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2 Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
Materi : 1. Isi teks laporan hasil observasi
2. Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a. Kata serta frasa verba dan nomina
b. Afiksasi
c. Kalimat definisi dan deskriptif
d. Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
Petunjuk : Bacalah teks berikut, secara berkelompok jawablah pertanyaan yang terdapat di bawahnya!
1. Jawablah pertanyaan sebagai berikut!
a. Apakah wayang itu?
b. Apa fungsi dari pertunjukkan wayang?
c. Ada berapa jenis wayang berdasarkan pembuatannya?
d. Apa yang dimaksud dengan wayang suket?
2. Mengapa teks tersebut digolongkan teks laporan hasil observasi?
3. Analisilah kebahasaan teks laporan hasil observasi di atas dengan menggunakan bagan berikut!
No
|
Hal
|
Pengertian
|
Contoh
|
1
|
Nomina
|
Kata :
Frasa:
| |
2
|
Verba
|
Kata:
Frasa:
| |
3
|
Kalimat definisi dan kalimat deskripsi
| ||
4
|
Kalimat simpleks
| ||
5
|
Kalimat kompleks
|
4. Lalu presentasikan di depan kelas!
Rubrik Penilaian Penugasan kelompok:
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Nama kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Penugasan :...............................................................
Pedoman penyekoran:
No soal
|
Deskripsi
|
Skor
|
Skor maksimal
|
1a
|
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat
|
5
| ||
1b
|
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat
|
5
| ||
1c
|
Menjawab dengan benar disertai 3 contoh.
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai 2 contoh
|
5
| ||
Menjawab dengan benar disertai 1 contoh
|
3
| ||
1d
|
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat .
|
5
| ||
2
|
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab kurang benar disertai alasan yang kurang tepat
|
5
| ||
3.1
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
3.2
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
3.3
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
3.4
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
3.5
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
Total
|
100
|
Kunci
1.a. wayang adalah suatu jenis pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia
1.b.fungsi pertunjukkan wayang adalah sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan.
1. c. Berdasarkan pembutannya, wayang dibedakan menjadi tiga jenis, yakni wayang kulit, wayang wong, dan wayang golek.
1.d. wayang suket adalah wayang yang merupakan tirua dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput(bahasa jawa : suket)
2. teks tersebut dikategorikan dalam teks laporan hasil observasi karena ditulis berdasarkan hasil pengamatan/observasi pada kenyataan dan objek yang dilaporkan yaitu wayang dituliskan secara detail
3.
No
|
Hal
|
Pengertian
|
Contoh
|
1
|
Nomina
|
Nomina adalah kata benda
Kata adalah satuan bahasa terkecil yang bersifat bebas
Frasa adalah unsur yang lebih luas, yaitu kelompok nonprediktif
|
Kata : wayang
Frasa: wayang orang
|
2
|
Verba
|
Verba adalah kata kerja
|
Kata: adalah
Frasa: sudah membagi
|
3
|
Kalimat definisi
|
Kalimat yang menggunakan verba definitif
|
Wayang adalah seni pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai budaya asli Indonesia
|
Kalimat simpleks
|
Kalimat yang menggunakan verba deskriptif
|
Wayang ini terbua dari kulit kerbau yang ditatah dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit
| |
4
|
Kalimat kompleks
|
Kalimat yang memiliki dua atau lebih kompleks
|
Dalam budaya modern, wayang berfungsi menghibur dan mendidik
|
5
|
Kalimat simpleks
|
Kalimat yang hanya memiliki satu klausa
|
Kelelawar merupakan hewan unik
|
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Kompetensi Dasar : 4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
Indikator pencapaian kompetensi :
4.1.1 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi
1. Bacalah teks laporan hasil observasi yang berjudul Wayang lalu buatlah ringkasannya!
2. Presentasikan hasil ringkasan kalian di depan kelas!
RUBRIK PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Kompetensi dasar :
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
Indikator pencapaian kompetensi :
4.1.1 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi
Rubrik penilaian presentasi ringkasan
No
|
Nama
|
Aspek penilaian
|
Total nilai
| ||
kelancaran
|
Kelengkapan informasi
|
Kebenaran isi
| |||
1
| |||||
2
| |||||
3
| |||||
4
|
Aspek penilaian
|
kriteria
|
Rentang skor
|
Skor maksimal
|
Kelancaran
|
Sangat lancar menyamapiakn isi teks
|
85-100
|
100
|
Cukup lancar menyampaikan isi teks
|
70-84
| ||
Kurang lancar menyampaikan isi teks
|
55-69
| ||
Tidak lancar menyampaikan isi teks
|
54-40
| ||
Kelangkapan informasi
|
Isi teks yang disampaikan sangat lengkap
|
85-100
|
100
|
Isi teks yang disampaikan sedikit kurang lengkap
|
70-84
| ||
Hanya separuh isi teks yang disampaikan
|
55-69
| ||
Isi teks yang disampaikan hanya sedikit
|
54-40
| ||
Kebenaran isi
|
Isi teks yang disampaikan benar semua
|
85-100
|
100
|
Isi teks yang disampaikan sebagaian besar benar
|
70-84
| ||
Isi teks yang disampaikan separuh yang benar
|
55-69
| ||
Isi teks yang disampaikan sebagian besar salah
|
54-40
| ||
Total
|
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : 1 (satu)
Kurikulum : 2013
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kelas/
Semester
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
3.1
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
|
Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
|
X/1
|
Disajikan tekslaporan hasil observasi, peserta didik dapatmenentukan isi pokok laporan hasil observasi
|
C4 (menganalisis)
|
Uraian
|
1
|
Menentukan ciri kebahasaan teks laporan hasill observasi
|
X/1
|
Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapatmenentukan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
|
C4 (menganalisis)
|
uraian
|
2
|
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Nomor
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kelas/
Semester
|
Indikator Soal
|
LevelKeterampilan
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulisan
|
Isi pokok laporan hasil observasi
|
X/1
|
Disajikan teks laporan hasil observasi , peserta didik mampu menentukan gagasan utama tiap paragraf
|
P3; Presisi
Menunjukkan
|
Uraian
|
3
|
Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik mampu menyusun gagasan pokok yang sudah ditemukan menjadi sebuah ringkasan
|
P5: naturalisasi
Mendesain
|
uraian
|
4
|
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar : 3.1
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
Materi : teks laporan hasil observasi
Indikator soal no:
1. Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menentukan isi pokok laporan hasil observasi
2. Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menentukan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
3. Disajikan teks laporan hasil observasi , peserta didik mampu menentukan gagasan utama tiap paragraph
4. Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik mampu menyusun gagasan pokok yang sudah ditemukan menjadi sebuah ringkasan
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 1996505041989031014 NIP 197207081998011001
Komentar
Posting Komentar